Keutamaan Tarawih Saat Bulan Ramadhan

Keutamaan Tarawih Saat Bulan Ramadhan

Keutamaan Tarawih-. Setiap amal perbuatan akan semangat dilakukan ketika mengetahui apa keutamaan dibaliknya. Salah satu ibadah yang dilakukan saat ramadhan adalah shalat tarawih, shalat yang dikerjakan pada malam hari secara berjamaah.

Baca Juga : Keutamaan Bulan Ramadhan

Hukum melaksaanakan shalat tarawih adalah sunnah muakkad. Artinya anjuran yang sangat dianjurkan. shalat ini dilakukan 8 rakaat atau 20 rakaat sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Perbedaan jumlah rakaat tidak mengurangi semangat ramadhan.

Dilansir dari suara.com berikut ini keutamaan tarawih saat bulan ramadhan :

  • Diampuni Dosanya

Diriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhn seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

  • Pahalanya Setara dengan Melakukan Shalat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Diriwayatkan dari jalur Abu Dzar, Nabi bersabda, “Siapa yang salat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (H.R. Ahmad, Tirmidzi).

Hadis ini menjadi dasar pengerjaan salat tarawih secara berjamaah. Dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19), ketika di daerah rawan, ada kekhawatiran tertular virus jika beribadah di masjid, salat tarawih dapat dikerjakan di rumah sekaligus mempererat kehangatan keluarga.

  • Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan Diri pada Allah

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan penuh berkah. Setiap Muslim akan saling berlomba dalam mendekatkan diri kepada Allah pada bulan ini.

Dengan melakukan salat tarawih setiap malam pada bulan Ramadhan adalah bentuk ketakwaan seorang hamba dalam meminta ampunan dan bentuk pasrah diri

Apabila kita menjalankan salat tarawih dalam rakaat cukup banyak secara rutin maka hal tersebut akan berdampak baik bagi setiap sendi yang ada di tubuh kita. Selain itu salat tarawih juga bisa membakar kalori setelah kita menyantap makanan berbuka

  • Mempererat Tali Silaturahmi Sesama Muslim

keutamaan shalat tarawih yang berikutnya adalah mempererat tali silaturahmi. Dengan melakukan salat tarawih secara berjemaah maka secara tidak langsung kita sedang melakukan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam, yaitu silaturahmi. Terlebih pada bulan Ramadhan segala jenis amalan pahalanya akan dilipat gandakan.

 

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda