Tips Lancar Membaca Al-Qur’an Saat Puasa

Tips Lancar Membaca Al-Qur’an Saat Puasa

Seringkali ketika kondisi berpuasa. Tenggorokan menjadi kering dan kemudian berat rasanya untuk membaca Al-Quran dengan lancar. Sehingga bagi orang yang belum terbiasa ini membuat bacaan Al-Quran tersenggal-senggal.

Baca Juga : Tips Khatam Al-Quran Selama Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi dan sebelum bulan itu datang hendaknya kita mempersiapkan secara lahir dan batin.  Salah satunya yaitu melatih bacaan Al-Quran kita. Orang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama malaikat pencatan yang mulia. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Tips Lancar Baca Al-Quran :

    1. Mempelajari Ilmu Tajwid
      Sebelum membaca Al-Quran hendaknya kita sudah paham ilmu tajwid terlebih dahulu. Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara melafalkan huruf-huruf dan pengucapan dalam Al-Quran, hadist dan lain-lainnya. Untuk mempelajari tajwid harus dari seorang guru agar ketika salah bisa langsung dibenarkan.
    2. Sering Membaca
      Sama seperti halnya dengan istilah “witing tresno jalaran soko kulino”. Agar lancar membaca Al-Quran hendaknya lebih sering membaca agar terbiasa dengan pelafalan tulisan arab. Setelah mempelajari ilmu tajwid tentu untuk membaca Al-Quran akan semakin mudah dan semangat.
    3. Meminta disimak orang lain
      Untuk mengetahui seberapa bagus bacaan kita bisa meminta tolong orang yang lebih pandai untuk menyimak bacaan Al-Quran kita. Bisa saja kita merasa sudah benar dan tepat tetapi ketika dilafalkan hal itu salah. Maka hal ini sama halnya dengan mempelajari Ilmu Tajwid kepada seseorang yang sudah ahli. Tak hanya itu, dengan di simak orang lain maka mental kita juga bertambah dan semakin percaya diri.
Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda