Makan Besar Langsung Ketika Berbuka Puasa, Sehatkah?

Makan Besar Langsung Ketika Berbuka Puasa, Sehatkah?

Melihat makanan yang sedap dan lezat ketika puasa sangat menggoda selera. Terlebih ketika bau dari masakan terasa. Perut akan semakin berbunyi dan tak sabar menanti azan. Terbayang untuk bisa menikmati semuanya ketika berbuka nantinya. Tetapi, kapasitas perut terbatas sehingga untuk melahap semuanya itu akan membuat perut sebah. Lalu bagaimana jika ketika berbuka langsung makan besar seperti nasi, sehatkan bagi tubuh?

Dilansir dari detik.com menurut pedapat dokter David Fadjar Putra, MS, SpGK dari Rumah Sakit Pondok Indah mengatakan “Menu berbuka yang baik awalnya harus ringan terlebih dahulu. Usus dan lambung kita sudah istirahat selama 14 jam, bila langsung makan atau minum banyak, besar kemungkinan terjadi mual,”

Kemudian dari halodoc berpendapat bahwa Sebenarnya, tidak ada larangan untuk langsung makan besar setelah berbuka. Namun, langsung menyantap makanan berat saat berbuka cenderung akan membuat pencernaan kaget. Ini disebabkan karena perut berada dalam kondisi kosong selama lebih dari 12 jam saat berpuasa, dan bukan hal yang baik langsung menyuruh perut bekerja keras ketika kamu berbuka.

Efek Samping Langsung Makan Besar Saat Buka Puasa

Selain itu berbuka langsung dengan makan besar memiliki efek samping bagi kesehatan. Menurut artikel yang dimuat dari kumparan menjelaskan seperti berikut ini :

  1. Kantuk
    Saat buka puasa, biasanya orang akan mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang mengandung gula. Bila terlalu banyak mengonsumsinya tubuh akan merasa lemas karena meningkatnya kadar insulin dalam tubuh.
  2. Gerd
    Makan berat saat berbuka puasa juga dapat menyebabkan kondisi sesak nafas. Itu lambung terisi banyak makanan dan membuatnya naik ke esofagus atau kerongkongan.
  3. Begah
    Saat mengonsumsi makanan dua kali lipat atau lebih dari biasanya, lambung akan mengembang seperti balon. Akibatnya, perut bisa terasa begah dan tidak nyaman karena menjadi melar melebihi kapasitas normalnya.
  4. Mual
    Tak hanya merasa begah, saat lambung diisi terlalu banyak makanan juga bisa menyebabkan muntah. Pasalnya, lambung tidak bisa menampung makanan terlalu banyak dan terlalu berat dalam satu waktu. Tak menutup kemungkinan makanan tersebut akan dipaksa keluar oleh tubuh.
Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda