Manfaat sahur ketika puasa ramadhan

Manfaat sahur ketika puasa ramadhan

Ramadhan menjadi bulan penuh berkah. Setiap perbuatannya dilipat gandakan dan termasuk dengan sahur. Sebelum berpuasa selama seharian penuh, kita bisa mencukupi asupan nutrisi ketika waktu sahur. Artikel ini akan membahas mengenai manfaat sahur, simak dulu ya!

Menurut wikipedia sahur  juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. =

Meski sebagian berat melaksanakan sahur karena harus bangun fajar dan makan berat. Ternyata sahur sangat dianjurkan agar puasa menjadi lancar. Menurut dr. Reza Fahlevi manfaat sahur sebagai berikut :

  • Mencegah dehidrasi

Tubuh membutuhkan 2 liter air setiap hari. Ketika berpuasa, tubuh perlu menyuplai kebutuhan air ketika sahur dan berbuka. Itulah mengapa sahur sangat Itulah mengapa sahur sangat penting dilakukan sebelum memulai puasa. Tanpa sahur, kebutuhan cairan tubuh sulit terpenuhi dengan baik, sehingga Anda berisiko mengalami dehidrasi saat puasa yang ditandai dengan rasa haus berlebih, badan lemas, kurang konsentrasi.

  • Mencegah hipoglikemia

Hipoglikemia adalah keadaan ketika rendahnya kadar gula darah dalam tubuh . Gejala ini ditandai dengan badan terasa lemas, pusing, sulit berkonsentrasi, gemetar, keringat dingin, hingga dalam kondisi berat dapat menyebabkan pingsan.  Itulah sebabnya, penting untuk menyantap sahur dengan makanan yang mengandung sumber energi seperti karbohidrat, protein, dan lemak, untuk menjaga kestabilan kadar gula darah Anda selama menjalankan puasa. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi Qursyiban, kandungan kurma yang baik untuk kesehatan dapat menopang aktivitas keseharianmu.

  • Menghindari penurunan berat badan yang drastis dan berbahaya

Dengan berat badan yang kurang, risiko mengalami penyakit infeksi lebih besar karena daya tahan tubuh pun secara otomatis juga berkurang. Selain itu, kemampuan kerja juga akan menurun karena kurangnya massa otot tubuh. Itulah mengapa sahur sangat penting untuk memenuhi asupan energi selama bulan puasa.

  • Mencegah maag atau dispepsia

Kondisi perut kosong dalam jangka waktu lama akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan menyebabkan gejala mag berupa nyeri ulu hati. Kondisi ini tentunya akan mengganggu kelancaran puasa. Makan sahur penting untuk mengisi lambung dan mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda