Tips Khatam Al-Quran Selama Ramadhan, Ternyata Mudah!

Tips Khatam Al-Quran Selama Ramadhan, Ternyata Mudah!

Tips Ramadhan-. Khatam Al Quran selama Ramadan menjadi salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al Quran diturunkan. Membacanya di bulan ini merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan pahala.

Setiap amal baik yang kita kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Begitu juga dengan membaca Al-Quran. Salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim ini merupakan sumber pahala yang bisa dengan mudah dilakukan.

Banyak orang yang menjadikan Ramadhan sebagai momen untuk banyak membaca Al-Quran, bahkan menargetkan untuk sampai mengkhatamkannya. Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan memang bukanlah perkara wajib. Namun, umat Muslim dianjurkan untuk banyak membaca Al-Quran pada bulan berkah ini.

Baca Juga : Persiapan Menjelang Ramadhan

Lalu bagaimana caranya agar selama 30 hari ini kita bisa selesai membaca Al-Quran? Qursyiban akan memberikan tips bagaimana mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan.

Tips Khatam Al-Qur’an Saat Ramadhan

  1. Niat dan Konsisten
    Sebelum melakukan sesuatu terlebih dahulu kuatkan niat dan keinginan. Kemudian percaya pada diri sendiri akan bisa melakukannya. Setiap konsekuensi akan dilakukan demi mewujudkan tujuannya, begitulah arti niat dan konsisten.
  2. Buat Catatan Bacaan
    Sewaktu SD biasanya kita akan mendapat buku pantauan ramadhan. Sepertinya buku ini bisa menjadi contoh agar semakin semangat sejauh mana bacaan kita sampai. Buatlah satu catatan yang rapi dan bisa dilihat kapan saja, kalau perlu di tempel di dinding sebagai penyemangat khatam Al-Qur’an.
  3. Jadwalkan Waktu
    Agar lebih teratur dan bisa dipantau, mengatur waktu untuk membaca Al-Qur’an memang perlu dibutuhkan. Kamu bisa menjadwalkan setelah selesai sholat wajib minimal membaca 2 lembar. Artinya dalam sehari kamu bisa mendapatkan 10 lembar yang sama halnya dengan 1 juz.
  4. Gunakan Mushaf Qur’an Pojok
    Maksudnya adalah Mushaf Al-Qur’an “Bahriyah” berpola ‘ayat pojok’, yaitu setiap halaman, di bagian sudut/pojok bawah-kiri, berakhir dengan penghabisan ayat. Dengan mushaf ini akan memudahkanmu mengatur jadwal dan mengetahui kekurangan yang harus dibaca.
  5. Perhatikan Jadwal Menstruasi
    Bagi wanita, hal ini harus diperhatikan. Sebelum datang hari itu usahakan untuk mencicil bacaan Al-Qur’an lebih dahulu. Selain itu, bisa juga setelah selesai dapat membaca dua kali lipat jadwal yang ditentukan. Tetapi sebaiknya pilihkan untuk mencicil terlebih dahulu, agar tidak keberatan setelahnya.
  6. Baca Al-Qur’an Sewaktu Luang
    Agar waktumu bermanfaat ketika ramadhan, kamu bisa mengisi waktu senggangmu dengan membaca Al-Qur’an. Sekarang sudah ada aplikasi Al-Qur’an di ponsel, kamu tinggal memanfaatkannya saja. Tetapi kamu juga perlu memilih aplikasi yang memilki mushaf Al-Qur’an yang tepat, agar bacaanmu sesuai dengan Al-Qur’an.

 

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda