5 Khasiat dan Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Tua

5 Khasiat dan Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Tua

Kurma memiliki manfaat untuk ibu hamil. Semua ibu hamil pasti menginginkan proses persalinannya berjalan dengan lancar. Bagi ibu hamil yang sudah mendekati hari H biasanya sudah mempersiapkan segalanya. Salah satunya adalah rajin mengonsumsi makanan bergizi.

Kurma menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah kaya nutrisi dan vitamin dapat memenuhi kebutuhan ibu dan bayi selama kehamilan.

Agar semakin mengerti khasiatnya untuk ibu hamil, berikut Qursyiban merangkumnya dalam 5 Khasiat untuk ibu hamil tua :

1. Meningkatkan Kontraksi Rahim

Kandungan oksitosin pada kurma dapat merangsang kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan. Menurut Melinda Johnson selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetic. Biasanya ibu hamil yang akan melahirkan diberikan suntikan injeksi berupa oksitosin sintetis. Jika ibu hamil mengonsumsi kurma secara rutin pada trimester ketiga kehamilan, maka suntikan tersebut tidak lagi diperlukan oleh sang ibu, karena kurma telah menggantikan manfaatnya.

2. Membantu Bukaan Serviksnya Lebih Cepat

Bukaan serviks saat persalinan biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan hingga 14 jam untuk bukaan lengkap. Namun, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi buah ini akan berlangsung lebih cepat dari biasanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsinya bisa melahirkan lebih cepat, yaitu mencapai kurang dari 7 jam setelah si ibu tiba di rumah sakit.

3. Mencegah Ketuban Pecah Dini

Rajin mengonsumsi buah ini berkhasiat untuk menguatkan selaput ketuban. Jika saat proses persalinan ketuban pecah berpotensi mengalami komplikasi, akibatnya janin bisa keracunan.Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi kurma secara rutin pada usia kehamilan tua mendekati persalinan agar semua risiko persalinan bisa diminimalisir.

4. Melancarkan Pencernaan

Dalam sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam PubMed Central, dilakukan perbandingan antara 69 ibu hamil yang mengkonsumsi selama empat minggu menjelang perkiraan persalinan, serta 45 ibu hamil yang tidak makan kurma. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ibu hamil yang makan kurma memiliki waktu persalinan yang lebih pendek. Selain itu, 96 persen ibu hamil yang mengkonsumsinya juga mengalami persalinan spontan, dibandingkan dengan 79 persen pada ibu hamil yang tidak makan kurma.

5. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Kurma merupakan sumber folat yang baik. Folat membantu mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Hal tersebut juga didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang merekomendasikan suplemen dan makanan yang kaya folat sebelum dan selama masa kehamilan untuk mencegah cacat bawaan.

Selain kurma berkhasiat untuk ibu hamil, kurma juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.