8 Makna Kurma Yang Tersirat Dalam Al Qur’an (1)

8 Makna Kurma Yang Tersirat Dalam Al Qur’an (1)

Kurma menjadi salah satu buah yang disukai Rasululah, bahkan beliau menganjurkan untuk mengonsumsi 4-5 butir setiap hari. Lalu bagaimana makna kurma yang disebut dalam Al Qur’an?

Kurma disebut dalam Al-Quran sebanyak 20 kali dalam 16 surat, ini menandakan jika kurma itu sangat istimewa, baik dari segi kebun, pohon, maupun buahnya.Keistimewaan kurma akan dibahas dalam artikel ini. Berikut penjelasan Makna Kurma dalam Al-Qur’an :

  1. Tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah

وَفِى ٱلْأَرْضِ قِطَعٌ مُّتَجَٰوِرَٰتٌ وَجَنَّٰتٌ مِّنْ أَعْنَٰبٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَىٰ بِمَآءٍ وَٰحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَىٰ بَعْضٍ فِى ٱلْأُكُلِ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ  

Artinya : “Dan di bumi terdapat bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan yang tidak bercabang; disirami dengan air yang sama, tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.”  (Ar-Ra’d ayat 4)

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجْنَا بِهِۦ نَبَاتَ كُلِّ شَىْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًا وَمِنَ ٱلنَّخْلِ مِن طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّٰتٍ مِّنْ أَعْنَابٍ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ٱنظُرُوٓا۟ إِلَىٰ ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَيَنْعِهِۦٓ إِنَّ فِى ذَٰلِكُمْ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya : “Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Al-An’am ayat 99)

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 

Artinya ; “Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (An-Nahl ayat 11)

وَمِن ثَمَرَٰتِ ٱلنَّخِيلِ وَٱلْأَعْنَٰبِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ 

Artinya : “Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti.” (An-Nahl ayat 64)

Makna ayat diatas mengenai kekuasaan Allah untuk mengatur alam semesta. Allah menciptakan  buah-buahan yang berlimpah dengan berbagai faktor alam yang mendukung. Tak hanya itu, keanekaragaman buah juga memiliki jenis rasa yang berbeda baik buah yang sejenis atau tidak. 

Sama halnya dengan buah kurma yang memiliki banyak jenis sesuai dengan kondisi alam dimana pohon itu ditanaman. Saat ini ada 5 jenis buah kurma yang menjadi primadona yaitu kurma ajwa, medjool, deglet noor, sukkari, dan khalas. Termasuk juga dengan bahan dasar Qursyiban yang menggunakan salah satu jenis kurma tersebut. Sehingga membuat produk Qursyiban dipastikan  berkualitas.

Maha suci Allah yang memiliki kekuasaan tak terbatas. Tentunya kita sebagai makhluknya hendaknya bisa mengolah apa yang telah diberikan Allah menjadi hal yang bermanfaat untuk umat. 

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda