Memahami Malam lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Memahami Malam lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Salah satu malam yang dinant ketika bulan ramadhan adalah malam lailatul Qadar. Dimana malam itu setara dengan seribu bulan. Pahala ibadah yang dilakukan dilipat gandakan seribu bulan. Jika dihitung seribu bulan adalah 87 tahun, sedangkan usia manusia kurang lebih adalah 64 tahun.

Dalam Al-Qur’an penjelasan mengenai lailatur Qadar dijelaskan dalam surat Al-Qadar. Berikut ini ayatnya :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Dari ayat diatas dapat dipahami bahwa dimalam itu Allah menurunkan Al-Quran. Betapa mulianya malam itu, sehingga ummat muslim dianjurkan untuk selalu mempersiapkan datangnya malam lailatul Qadar.

Untuk datangnya kapan, Rasullah menjelaskan bahwa malam kemuliaan ini terjadi dimalam-malam ganjil di bulan ramadhan. Kemudian beberapa pendapat menjelaskannya lebih rinci lagi yaitu di 10 malam terakhir. Maka tak salah dimalam sepuluh terakhir ramadhan banyak masjid yang mengadakan iktikaf dimalam ganjil.

Baca juga : Keutamaan Shalat Tasbih Saat Ramadhan

Selain itu, Sebagai ummat muslim sepatutnya kita meneladani adanya ayat ini dengan tetap semangat menjalankan ibadah selama berpuasa. Tidak hanya itu saja, berbuat baik kepada sesama juga termasuk ladang pahala tersendiri.

Salah satu cara untuk berbagi kebaikan dengan mudah dan berkah adalah dengan berbagi. Bersama produk dari Qursyiban, berbagi di bulan ramadhan akan lebih mudah. Selain itu, dengan berbagi dengan Qursyiban termasuk kesunnah tersendiri karena orang yang memberi takjil pahalanya berlipat ganda. Apalagi yang diberikan adalah produk olahan kurma, sunnahnya dapat senangnya dapat dan lezatnya juga dapat.

Alhamdulillah.

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda