Bulan Syaban, Satu Bulan Sebelum Ramadhan

Bulan Syaban, Satu Bulan Sebelum Ramadhan

Syaban termasuk bulan yang ditungu-tunngu Rasullah. Bahkan ketika memasuki rajab, beliau berdoa agar bisa dipertemukan dengan syaban dan ramadhan. Bulan syaban adalah bulan kedelapan dari penanggalan hijriyah, bulan ini menandakan bahwa ramadhan kurang satu bulan lagi, dimana tanggal 1 syaban terjadi pada hari Senin, 15 Maret 2021.

Dikutip dari Nu Online, dalam kitab Durratun Nashihin, Syekh Yahya Bin Mu’adz memaknai kata “Sya’ban” (شعبان) yang terdiri dari lima huruf sebagaimana berikut ini:

  • ش (syin) berarti asy-syafa’ah wasy syarafah (pertolongan dan kemuliaan)   
  • ع (‘ain) berarti al-‘izzah wal karamah (kemuliaan dan kehormatan)   
  • ب (ba’) berarti al-birr (kebajikan)
  • ا (alif) berarti al-ulfah (kecondongan atau kasih sayang)   
  • ن (nun) berarti an-nur (cahaya atau menerangi)

Kemudian, dapat ditarik sebuah makna bahwa rajab adalah pembersihan badan, syaban adalah pembersihan hati, dan ramadhan adalah pembersihan ruh. Seperti yang dikatan ulama ahli hikmah :

إن رجب للاستغفار من الذنوب وشعبان لإصلاح القلب من العيوب ورمضان لتنوير القلوب وليلة القدر للتقرب إلى الله تعالى

“Bulan Rajab adalah bulan untuk memperbanyak istighfar (memohon ampun) dari dosa-dosa, bulan Sya’ban untuk memperbaiki hati dari cela/keburukan, bulan Ramadhan untuk menerangi hati dan Lailatul Qadar sebagai media mendekat kepada Allah” (Syekh Utsman Bin Hasan, Duratun Nashihin, Semarang: Toha Putra, hal. 207).

Bulan syaban adalah bulan yang penuh kebaikan. Seperti sabda rasulullah menyatakan bahwa di bulan tersebut orang-orang mulai lalai beramal sholeh karena yang dinantikan adalah bulan Ramadhan. Dikatakan bahwa di bulan tersebut adalah bulan dinaikannya berbagai amalan kepada Allah. 

 

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda