Kapan  Waktu yang Tepat Untuk Sahur?

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Sahur?

Pernah kamu telat sahur ketika berpuasa? Atau bahkan sahur terlalu awal sehingga lebih cepat lapar? Sahur dilakukan ketika sebelum imsak, atau biasanya jam 03.30 WIB. Lalu sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk sahur?

Secara syariat islam sahur dilakukan menjelang subuh dengan imsak sebagai batasannya. Rasullah sangat menganjurkan ummatnya untuk sahur. Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095

Sedangkan untuk waktu sahur yang  dianjurkan Rasullah adalah ketika mendekati imsak, yaitu dengan mengakhirkan sahur. Dijelaskan dalam hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu , beliau berkata:

 

تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ قُلْتُ كَمْ كَانَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالسَّحُورِ قَالَ قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً

 

Kami bersahur bersama Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , kemudian beliau pergi untuk shalat.” Aku (Ibnu Abbas) bertanya, “Berapa lama antara adzan dan sahur?” Beliau menjawab, “Sekitar 50 ayat.” (Muttafaq Alaih).

Baca juga : Manfaat sahur ketika puasa ramadhan

Dilansir dari Hallodoc dari dr. Verury Verona Handayani bahwa Sahur penting untuk dilakukan, karena tanpa sahur puasa tidak akan berjalan dengan baik dan kesehatan tubuh pun bisa terganggu. Sahur sama halnya dengan sarapan yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit. Maka dari itu, agar merasakan manfaat tersebut, ada baiknya untuk selalu bangun di pagi hari agar puasa lancar dan tubuh lebih bugar.

Kapan waktu yang tepat untuk sahur?

Setelah mengetahui penjelasan waktu sahur diatas. Dapat simpulkan bahwa waktu sahur yang tepat dilakukan adalah mendekati imsak. Tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Maksdunya ketika melakukan sahur saat jam 12 atau sebelumnya lebih baik dihindari karena tubuh akan semakin lama merasakan dehidrasi. Kemudian waktu sahur janganlah terlalu mendekati imsyak. Makan dengan terburu-buru juga tidak bagus untuk kesehatan dan bisa tersedak yang akhirnya sahur jadi tidak enak.

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda