Isra Miraj, Perintah Sholat Lima Waktu Langsung dari Allah

Isra Miraj, Perintah Sholat Lima Waktu Langsung dari Allah

Isra Mi’raj adalah peristiwa saat Allah memberi keistimewaan kepada Nabi Muhammad untuk melakukan perjalanan mulia bersama malaikat Jibril mulai dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsha Palestina. Kemudian dilanjutkan dari Masjidil Aqsha menuju Sidratil Muntaha untuk menghadap Allah, demikian dikutip NU Online.

Perintah Sholat langsung dari Allah

Nabi Muhammad bertemu dengan beberapa nabi lainnya ketika sedang naik dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha dan Baitul Ma’mur.

Ketika di Baitul Ma’mur, Nabi Muhammad mendapat perintah dari Allah untuk melakukan solat sebanyak 50 kali dalam sehari. Perintah tersebut diterima dan Nabi Muhammad dan langsung bergegas kembali pulang.

Ketika perjalan kembali pulang, bertemulah dengan Nabi Musa dan memperingatkan Nabi Muhammad atas perintah solat 50 kali. ”Aku telah belajar dari pengalaman umat manusia sebelum kamu. Aku pernah mengurusi Bani Israil yang sangat rumit. Kembalilah kepada Tuhanmu dan mitalah keringanan untuk umatmu.”

Kemudian Nabi Muhammad kembali menghadap Allah dan meminta keringan, dari solat 50 kali menjadi 10 kali, setelah itu Nabi Muhammad kembali meminta pendapat Nabi Musa. Ternyata disini Nabi Muhammad disarankan Nabi Musa untuk meminta keringanan lagi, karena beliua percaya bahwa umat Nabi Muhammad tidak akan kuat. 

Hingga akhirnya Nabi Muhammad kembali menghadap kepada Allah meminta keringanan, Allah menguranginya dari 10 kali menjadi 5 kali sholat dalam sehari. 

Sebenarnya Nabi Musa keberatan karena hal itu masih memberatkan umat Nabi Muhammad. Demikian pula Nabi Muhamamd yang mengakui pendapat Nabi Musa, tetapi karena Nabi Muhammad sudah tidak berani meminta keringanan kepada Allah. “Aku sudah meminta keringanan kepada Tuhanku, sampai aku malu. Kini aku sudah ridha dan pasrah” kata Nabi Muhamamad.

Kisah ini semoga menambah dan mempertebal keimanan dengan tidak meninggalkan shalat lima waktu yang telah disyariatkan.

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda