Tips Mengatur Keuangan Sebelum Ramadhan

Tips Mengatur Keuangan Sebelum Ramadhan

Tips Keuangan-. Sebentar lagi ramadhan tiba dan sudah sampai mana persiapan untuk menyambut ramadhan? Kebutuhan menjelang ramadhan biasanya meningkat sehingga kamu perlu mengaturnya agar keuanganmu tetap sehat.

Baca juga : Tips Lancar Membaca Al-Qur’an Saat Puasa

Sambut ramadhan tanpa khawatir masalah keuangan. Selama kamu tetap memantau keunganmu dan mengatur pengeluaran, kamu akan terhindar dari masalah keuangan. Agar kamu bisa mengatur keuanganmu, ikutilah tips keuangan berikut ini!

Cara Mengatur Keungan Sebelum Ramadhan

  1. Menyusun anggaran keuangan
    Mengatur alokasi anggaran dana perlu dilakukan. Apalagi biasanya ketika ramadhan harga bahan bahan pokok makanan meningkat. Kamu bisa menyusun anggaran berdasarkan kelompok dan kebutuhan waktu terdekat
  2. Mengurangi berbuka diluar
    Seringkali ketika ramadhan ada ajakan untuk buka bersama. Momen bukber memang mengasyikan tetapi jika terlalu sering itu akan membuat keuangan jebol. Kamu bisa mengatasinya dengan mengadakan acara bukber di rumah.
  3. Utamakan kebutuhan, Bukan keinginan
    Ketika ramadhan biasanya banyak produk mengadakan diskon besar-besaran. Hal itu memanglah menggiurkan apalagi ditambah dengan hadiah-hadiah yang ditawarkan. Tetapi, perlu diingat apakah pada saat itu memang kita butuh untuk membeli barang itu atau beli karena diskon?. Nah, untuk mengatasi masalah keuangan kamu perlu memisahkan kebutuhan pokok dengan sekunder. Jika masih bisa ditunda atau tidak terlalu membutuhkan beli lah nanti ketika semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi.
  4. Kelomppokkan pengeluaran hari raya
    Tradisi membeli pakaian baru, memberi THR, mudik, makan besar dan masih banyak lagi kebutuhan saat ramadhan yang tak terduga. Kamu perlu merinci setiap pengeluaran ketika lebaran. Jangan sampai pengeluaranmu membuatmu berhutang. Sesuaikanlah dengan budget yang ada.
  5. Siapkan kebutuhan ramadhan jauh hari
    Menurut exabyte mengatakan bahwa Kita pasti sudah tahu jika bahan-bahan pokok dan kebutuhan pendukung lainnya akan terjadi peningkatan harga saat bulan Ramadhan. Untuk menghindari peningkatan pengeluaran, kita dapat mensiasatinya dengan membeli kebutuhan Ramadhan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Kita juga bisa membuat daftar kebutuhan apa aja yang akan kita beli selama ramadhan untuk menghindari membeli barang yang tidak penting.
  6. Buat catatan pengeluaran harian
    Membuat catatan harian akan membantumu untuk mengetahui pengeluaran. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Semisal kamu memiliki hutang kamu bisa mencatatnya agar tidak kelupaan.
Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda