Ramadhan sebentar lagi, Kurma jadi menu wajib saat berbuka.

Ramadhan sebentar lagi, Kurma jadi menu wajib saat berbuka.

Pada saat bulan ramadhan banyak menu takjil yang bisa dipilih. Salah satunya adalah buah kurma yang banyak dijual menjelang bulan ramadhan. Kenapa kurma mudah ditemukan dan selalu identik dengan ramadhan?

Untuk mengetahui alasan tersebut, berikut ini Qursyiban telah merangkum alasan kurma selalu identik dengan ramadhan:

  • Sunnah Nabi 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ،

فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ 

Dari Anas bin Malik, ia berkata : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamar, beliau meminum seteguk air” HR Abu Dawud (no. 2356)

Dari hadits diatas, dapat diambil makna untuk menyegerakan berbuka. Makanan pembuka puasa yang dianjurkan adalah kurma, karena rasa manisnya bisa diserap dan diterima liver lebih cepat. Sehingga kebutuhan energi yang hilang ketika berpuasa dapat tergantikan.

  • Menghilangkan Lapar

Mengonsumsi 3-5 biji kurma akan setara dengan 100-150 kalori. Selain itu, kurma sangat mudah dicerna dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Makanan manis sangat dianjurkan saat memulai buka puasa, karena kandungan gula alami pada kurma lebih mudah dicerna oleh tubuh. Proses pencernaan kurma yang cepat dapat memicu tubuh untuk lebih siap memproses makanan lainnya. Sehingga tubuh tidak mengalami food shock.

  • Jumlah Impor Kurma Meningkat

Banyaknya penduduk muslim di Indonesia yaitu sekitar 87,5% dari penduduk Indonesia. Terlebih saat menjelang Ramadhan, permintaan kurma meningkat 50%. Hal ini pernah terjadi pada tahun 2020, menurut BPS kenaikan kebutuhan kurma pada bulan maret tahun 2020 sebesar 53,5 %. Tentunya ini menjadi alasan kenapa kurma banyak ditemukan saat Ramadhan. Selain itu, kesadaran ibu hamil dan menyusui tentang kandungan kurma yang baik bagi ibu dan anak.

Sama halnya dengan permintaan produk Qursyiban yang setiap tahunnya meningkat, karena market yang masih besar membuatnya banyak dicari orang dan merupakan bisnis potensial di bulan ramadhan.

 Kurma dipercaya bisa melanjarkan persalinan dan menjadi asi booster. Sehingga permintaan kurma terjadi bukan hanya saat ramadhan. Salah satu varian kurma yang cocok untuk ibu hamil adalah Qursyiban, karena kurma isi ini yang menggunakan kacang almond sebagai pelengkap tanpa tambahan pemanis. 

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan Besar Menandi ANDA

Daftar Kemitraan Qursyiban

20% Off

Keuntungan besar menanti anda